Merebus Telur di Pantai Tawa yang Berair Panas, Kok Bisa?

Merebus Telur di Pantai Tawa yang Berair Panas, Kok Bisa? – Ini merupakan Pantai Tawa. Pantai ini unik lantaran air di pantai merasa panas. Telur mentah dapat masak apabila di taruh di lubang karang. Kok dapat?

Pantai ini ada di Desa Tawa, Kecamatan Bacan Timur Tengah, Halmahera Selatan, Propinsi Maluku Utara. Tempatnya berjarak lebih kurang 45 menit dari Pelabuhan Babang, Pulau Bacan, Halmahera Selatan, Propinsi Maluku Utara.

Mobil bisa berkendara diatas aspal mulus melalui perkampungan serta perbukitan. Gunung Sibela kelihatan dari terlalu jauh. Apabila untung, Anda dapat bersua monyet yakis (Macaca nigra) yg muncul dari rimbunnya tanaman di kanan-kiri jalan.

Hingga di Pantai Tawa, Sabtu (9/3/2019) . Jalan setapak mengirimkan kami ke indahnya panorama di sini. Anak-anak kecil berlarian di pantai yg bersih dari sampah. Lautan tiada ombak dipercantik dengan bukit menghijau di seberang.

Kala kaki mencebur ke air laut, nyata-nyatanya benar, terasa memang panas. Suhunya sama dengan air yg dimanfaatkan buat mandi hangat, akan tetapi apabila senantiasa berjalan ke selatan, air merasa bertambah panas menusuk.

Air merasa lebih panas apabila mendekati titik berbatu ditepi daratan. Apabila berjalan ke tengah laut, air bakal merasa lebih dingin. Nyata-nyatanya sumber air panas berada pada daratan. Asap mengepul dari sela batu-batu karang.

Kami diamkan telur mentah itu di saluran air bawah bebatuan yg berasap. 1/2 jam lantas, telur berubah menjadi masak. Uniknya, telur ini masak dari dalam. Kuning telurnya lebih keras dibanding dengan putih telurnya. Terasa berubah menjadi dikit asin seperti air laut.

Pengunjung bisa juga melihat laut sembari ‘bersauna’ memakai uap-uap yg muncul dari sela karang. Yesaskar membawa saya ke atas bukit, tempat beberapa orang biasa bersauna. Pengunjung biasa duduk diatas lubang berasap sembari menyelimutinya tubuh dengan sarung. Asap serta air hangat yg keluar dari sela bebatuan betul-betul tak memiliki bau belerang.

” Orang ada kesini kebanyakan berendam di air hangat pantai, lantas sauna di sini. Ini dapat bakar lemak, turunkan cholesterol, serta keluarkan toksin pada badan. Ada yg asam urat? Berendam serta mandi uap saja di sini kedua kalinya seminggu. Pastinya pulih, ” kata Yesaskar.

Cukuplah bayar Rp 5 ribu buat dewasa serta Rp 3 ribu buat anak-anak, pengunjung dapat nikmati panorama indah serta air panas di pantai ini.

Yesaskar mengemukakan tempat ini ramai pengunjung dalam akhir minggu. Berkata pada pohon pohon, diakui dia udah 1 tahun mengatur daerah yg ia kasih nama Grascilia ini, mempunyai arti ‘anugerah’. Anugerah ini bakalan ia kelola tak mesti meminggirkan warga desa.